Perilaku Sesuai QS. Yunus

Yaitu perilaku yang sesuai dengan QS. Yunus ayat 40-41 dan Hadist Riwayat Ahmad tentang toleransi :

Perilaku umum yang harus ditegakkan oleh umat Islam :

1. Dalam urusan muamalah, seperti berbuat baik dan tolong menolong antara sesama umat beragama, perlu dilakukan dan dikembangkan hubungan yang baik dan saling menguntungkan dalam kehidupan sehari-hari. Allaah berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 13, yang artinya : 

" Wahai manusia sungguh, kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sungguh yang paling mulia diantara kamu disisi Allaah ialah orang yang paling bertaqwa. Sungguh, Allaah Maha Mengetahui lagi Maha Teliti."

2. Dalam urusan akidah dan ibadah, maka tidak ada istilah toleransi. Sebab akidah dan ibadah umat Islam  dengan umat beragama lain sangat berbeda, sehingga dalam urusan keduanya ini, tidak boleh dicampuradukkan. Hal ini sesuai firman Allaah dalam QS. Al-Kafirun ayat 1-6 yang artinya :

"Katakanlah (Muhammad) Wahai orang-orang kafir, aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah, dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah apa yang aku sembah, untukmu agamamu dan untukku agamaku"

3. Memelihara persaudaraan terhadap sesam orang Islam

Allaah berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 10, yang artinya:

" Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antar kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertaqwalah kepada Allaah agar kamu mendapat rahmat"

Perilaku tolerana dan kerukunan yang harus ditegakkan :

1. Bentuk - bentuk perilaku toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dirumah

Misal terhadap orang tua dan saudara termasuk pembantu rumah tangga, sikap toleran yang seharusnya ditegakkan, seperti ; orang tua menghargai pendapat anak, seorang anak menghormati dan menaati perintah orang tua, orang tua dan anak menghargai kinerja pembantu rumah tangga dan sejenisnya. Dengan sikap ini, akan terwujud sikap toleran dan rukun dalam kehidupan keluarga. Menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda menjadi bagian dalam seruan ajaran agama islam yang wajib ditegakkan oleh umat islam.

Nabi SAW bersabda yang artinya :

" Abdullaah bin 'Amr bin Al-'Ash r.a berkata Rasulullaah saw Bersabda, "Bukan dari umatku, orang yang tidak belas kasihan kepada orang yang lebih kecil dan tidak menghargai yang lebih tua "(HR. Ahmad)

2. Bentuk - bentuk perilaku toleran dan kerukunan dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat

Masyarakat adalah kumpulan berbagai bentuk keluarga. Dimasyarakat kehidupan semakin majemuk. Dengan kemajemukkan tersebut, agar anggota masyarakat harus mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau kelompok. Kepentingan umum yang dimaksud adalah kepentingan untuk mewujudkan suasana hidup damai, rukum, tentram, amam dan nyaman. Suasana kehidupan yang demikian ini akan terrwujud jika antar anggota masyarakat mampu mewujudkan sikap hidup toleran dan rukun dalam segala bidan, termasuk terhadap pemeluk agama yang berbeda. Wujudnya adalah saling mengerti, menghargai, dan menghormati serta menjauhkan diri dari perilaku egois

Semoga beemanfaat

Baca Juga : Kajian Sunnah Terbaru Klik Disini