Friday, October 23, 2020

Syirik

 Syirik

Pengertian syirik adalah menyembah Allaah dan menyembah selain Allaah. Perbuatan syirik merupakan perbuatan yang menyekutukan Allaah yang merupakan lawan darinTauhid ( mengesakan Allaah ).

Allaah SWT melarang manusia berbuat syirik. Dalam firman-Nya QS. An-Nisa : 36 yang artinya :

 " Dan sembahlah Allaah dan janganlah kamu menyekutukan-Nya dengan sesuatupun"

Harus kita ketahui salam soal tauhid larangan terbesar adalah perbuatan syirik. Karena ibadah merupakan hak terbesar Allaah. Perbuatan syirik adalah perbuatan mengambil hak Allaah SWT lalu diserahkan hak itu kepada selain-Nya. Oleh karena itu perbuatan syirik termasuk kedzaliman yang terbesar.

Firman Allaah SWT dalam QS. Lukman ayat 13, yang artinya :

" Sesungguhnya syirik itu adalah kedzaliman yang terbesar"

Syirik ada 2 macam yaitu syirik akbar (besar) dan asghar (kecil) .

1. Syirik Akbar menyebabkan pelakunya keluar dari agama Islam ( telah kafir )

2. Syirik ashghar adalah setiap pekerjaan (ucapan maupun perbuatan) yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan As-Sunnah sebagai ucapan atau perbuatan syirik, tetapi pelakunya tidak keluar dari agama Islam ( belum menjadi kafir).

Yang termasuk syirik akbar  misal menyembah kuburan, patung, keris, pohon, dan lainnya yang berwujud kebendaan serta berdoa kepada selain Allaah SWT. seluruh jenis ibadah jika ditujukan kepada selain Allaah, termasuk syirik besar.

Kemudian yang termasuk syirik ashghar (kecil) misalnya Riya' (pamer). Yaitu semua perbuatan yang dilakukan karena mengharap pujian manusia, agar terkenal, dan lain lainnya.

Pelaku syirik menjadi orang yang yeng tersesat, akan masuk neraka dan tidak bisa masuk ke surga. Dosa syirik tidak akan diampuni jika pelakunya tidak bertaubat nasuha ketika masih didunia. 

Firman Allaah SWT dalam surat An-Nisa ayat  116, yang artinya : 

" Dan barangsiapa menyekutukan Allaah, maka sungguh ia telah tersesat dengan kesesatan yang sejauh-sejauhnya."

Kemudian firman Allaah dalam QS. Al-Maidah ayat 72, yang artinya : 

" Sesungguhnya barangsiapa menyekutukan Allaah, maka pasti Allaah mengharamkan kepadanya surga dan tempatnya adalah neraka san tidak ada seorangpun penolong bagi orang-orang yang dzalim."

Semoga bermanfaat

Silahkan share

Baca juga Artikel Kajian Terbaru kami Disini.

No comments:

Post a Comment

Selalu Berkomentar yang Baik sebab Semua akan dimintai Pertanggung Jawaban di Akhirat Kelak.