*Pertanyaan:*
Apa hukum laknat suami terhadap isterinya dengan sengaja? Apakah isterinya menjadi haram baginya karena laknat tersebut? Atau bahkan termasuk katagori talak? Lalu apa kaffarahnya (tebusannya)?
*Jawaban:*
Laknat seorang suami terhadap isterinya adalah perbuatan mungkar, tidak boleh dilakukan, bahkan termasuk dosa besar, sebagaimana sabda Nabi صلی الله عليه وسلم,
لَعْنُالْمُؤْمِنِكَقَتْلِهِ
"Melaknat seorang Mukmin adalah seperti membunuhnya." (Muttafaq 'Alaih. al-Bukhari, kitab al-Adab (6105) dan Muslim, kitab al-Iman (110)).
Dalam hadits lain disebutkan,
سِبَابُالْمُسْلِمِفُسُوْقٌوَقِتَالُهُكُفْرٌ
"Mencela seorang Muslim adalah suatu kefasikan dan membunuhnya adalah suatu kekufuran." (HR. Al-Bukhari, kitab al-Iman (48) dan Muslim, kitab al-Iman (64)).
Dalam hadits lainnya lagi disebutkan,
لاَيَكُوْنُاللَّعَّانُوْنَشُفَعَاءَوَلاَشُهَدَاءَيَوْمَالْقِيَامَةِ
"Orang-orang yang suka melaknat itu tidak akan menjadi pemberi syafaat dan tidak pula menjadi saksi pada hari kiamat." (HR. Muslim, kitab al-Birr (2598)).
Maka yang wajib atasnya adalah bertaubat dari perbuatannya itu dan membebaskan isterinya dari celaan yang telah dilontarkan terhadapnya. Barangsiapa yang bertaubat dengan sungguh-sungguh, niscaya Allah menerima taubatnya. Sementara isterinya, tetap dalam tanggung jawabnya, ia tidak menjadi haram baginya lantaran laknat tersebut. Lain dari itu, yang wajib atasnya adalah memperlakukannya dengan baik dan senantiasa menjaga lisannya dari setiap perkataan yang dapat menimbulkan kemurkaan Allah Subhanahu wa Ta'ala
Demikian juga sang isteri, hendaknya memperlakukan suami dengan baik dan menjaga lisannya dari apa-apa yang dapat menimbulkan kemurkaan Allah dan kemarahan suaminya, kecuali berdasarkan kebenaran. Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman,
"Dan bergaullah dengan mereka secara patut." (An-Nisa': 19).
Dalam ayat lain disebutkan,
"Akan tetapi para suami, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada isterinya. " (Al-Baqarah: 228).
Hanya Allah pemberi petunjuk.
*Rujukan:*
Fatawa Hai'ati Kibaril Ulama, juz 2 hal. 687-688, Syaikh Ibnu Baz.
No comments:
Post a Comment
Selalu Berkomentar yang Baik sebab Semua akan dimintai Pertanggung Jawaban di Akhirat Kelak.