๐ BimbinganIslam.Com
๐ Senin, 22 Syawwal 1443 H/ 23 Mei 2022 M
๐ค Ustadz Ustadz Ahmad Anshori, Lc
๐ Kitฤb Al-Fiqhu Al-Muyassar (ุงูููู ุงูู ูุฑุณ) Panduan Praktis Fikih dan Hukum Islam.
ุจุณู ุงููู ุงูุฑุญู ู ุงูุฑุญูู
ุงูุณูุงู ุนูููู ูุฑุญู ุฉ ุงููู ูุจุฑูุงุชู
ุงูุญู ุฏ ุงููู ูุตูุงุฉ ู ุงูุณูุงู ุนูู ุฑุณูู ุงููู ุฃู ุง ุจุนุฏ
Pada pertemuan perdana ini kita akan membahas permasalahan tentang bersuci atau dalam bahasa fiqih disebut dengan thaharah.
Tepatnya, pada pertemuan perdana ini kita akan berbicara tentang jenis-jenis thaharah dan definisinya.
• Jenis Thaharah
Ada dua macam jenis thaharah:
⑴ Thaharah maknawiyah atau disebut juga dengan rohani atau thaharah hati, yaitu bersih atau sucinya seseorang dari kesyirikan, dari kemaksiatan dan dari dosa-dosa yang lainnya.
Thaharah jenis ini lebih penting daripada thaharah badan atau thaharah jasmani. Karena thaharah badan atau thaharah jasmani tidak akan terwujud kecuali harus ada thaharah maknawi yaitu sucinya seperti sucinya seseorang dari segala macam kesyirikan.
Allฤh mengatakan:
ุฅَِّูู َุง ูฑููۡ ُุดุۡฑَُِููู َูุฌَุณٞ
"Sesungguhnya orang-orang musyrik itu najis."
(QS. At Taubah:28)
⑵ Thaharah hissiyah
Thaharah hissiyah atau disebut juga thaharah fisik, thaharah badan atau thaharah jasmani.
Pada thaharah jenis kedua inilah akan diangkat pembahasan di pelajaran fiqih kali ini.
• Definisi Thaharah
Secara bahasa thaharah itu bermakna: ุงููุธุฑุฉ , yang artinya adalah bersih dari segala kotoran.
Secara istilah thaharah adalah: ุฑْูุนُ ุงูุญุฏَุซِ ู ูุฒูุงُู ุงูุฎَุจَุซ , terangkatnya hadats dan hilangnya khabats.
Yang dimaksud dengan terangkatnya hadats adalah hilangnya status atau sifat pada diri seseorang yang menghalangi dia dari keabsahan shalat.
Jadi yang namanya hadats itu adalah status atau sifat yang menyebabkan seseorang itu tidak sah jika melakukan shalat selama status itu ada pada badannya.
Hadats ada 2 macam:
⑴ Hadats akbar (hadats besar).
⑵ Hadats ashghar (hadats kecil).
√ Hadats besar adalah segala status yang kontra dengan keabsahan shalat atau yang menghalangi seseorang dari keabsahan shalat dan menghilangkannya harus dengan mandi wajib.
√ Hadats ashghar adalah status atau sifat yang melekat pada diri seseorang yang bisa terlepas dengan berwudhu atau kalau dia tidak mampu berwudhu maka bisa dengan alternatif bersuci lainnya yaitu dengan bertayamum.
Kemudian yang dimaksud dengan khabats adalah najis, yaitu najis yang melekat pada badan, baju atau pada tempat.
Jadi perbedaan hadats dengan khabats, adalah hadats itu status atau sifat dia tidak berwujud, dia sesuatu yang maknawi, sedangkan khabats atau disebut dalam bahasa kita najis, yaitu sesuatu yang berwujud. Dia punya benda seperti air kencing, kotoran-kotoran, itu namanya najis.
Demikian
No comments:
Post a Comment
Selalu Berkomentar yang Baik sebab Semua akan dimintai Pertanggung Jawaban di Akhirat Kelak.