Saturday, October 31, 2020

Cara Melindungi Akun Whatsapp

Assalaamu'alaikum wr. wb

Bismillaah,

Kali ini Griya Kajian Sunnah mencoba memberi tips aman atau memberi peringatan tentang pentingnya menjaga akun kita di media sosial khususnya whats app, akhir - akhitr ini saya di kabari beberapa teman bahwa akun whats app mereka terkena hack atau di retas oleh seseorang, setelah diselidik ternyata ini kesalahan pemilik akun whats app itu sendiri karena ternyata mereka pernah diminta angka verifikasi whats app oleh orang tak dikenal, ngakunya kalo angka itu akun bisnisnya dan minta dikirim ke yg menghubungi /oknum tersebut, padahal di pelaku menggunakan hp tanpa kartu , karena whats app sendiri bisa dioperasikan tanpa sim card tertanam di perangkat, saya tahu modusnya si pelaku membuka akun whats app dari perngkat hp dia dan nomor yg dipakai acak saja, jika ternyata benar supaya memasukkan angka verifikasi maka sipelaku dengan nomor yang lain menghubungi si korban meminta angka verifikasi dengan dalih tadi salah kirim. Setelah angka didapat maka kendali whats app ada di tangan oknumnya, sehingga whats app bisa untuk berbuat sesukanya termasuk menghubungi kontak pemilik whats app dannujung ujungnya minta uang atau pinjam uang bahwa akan dikembalikan besok atau waktu tertentu. Nah dari kejadian ini sy ingin memberi pesan atau tips simpel sebagai berikut :

1. Jangan pernah memberikan kode/angka apapn kepada orang yang tidak dikenal ataupn sudah dikenal, cukup anda sendiri yang tahu

2. Setiap habis transaksi apapun yang menghasilkan kode huruf atau angka segera hapus dari perangkat anda.

3. Jangan sebarangan memberikan no identitas kita.

4. Pada kasus penipuan rekening bank jangan pernah memberikan info nama ibu kandung walaupun sekedar jawaban "ya" 

5. Perkuat akun anda sebisa mungkin tidak dengan satu cara saja

6. Lakukan pemblokiran kartu sim card anda jika dirasa ada kejanggalan

7. Apabila anda menggunakan komputer / laptop untuk whatsapp web usahakan selalu keluar dari whatsapp web jika sudah tidak memakai komputer / laptop anda.

Baik mungkin hanya itu saja dulu, ohya sy tahu artikel ini malah bisa mengajari untuk berbuat tidak baik, tapi disisi lain pengetahuan ini akan menjadikan pembelajaran untuk khalayak banyak, ingat jika kita menjahati orang cepat atau lambat kita akan dapat balasannya, pikirkan jika ingin berbuat tidak baik atau menyalahgunakan info dari artikel.

Semoga beemanfaat

Baca Juga : Kajian Sunnah Klik Disini

Wassalaamu'alaikum wr. wb.

Disclaimer : Artikel ini bertujuan baik supaya siapapun bisa terhindar/tercegah dari  kerugian karena penggunaan media sosial khususnya whatsapp.


No comments:

Post a Comment

Selalu Berkomentar yang Baik sebab Semua akan dimintai Pertanggung Jawaban di Akhirat Kelak.