Tuesday, October 27, 2020

Lailatul Qodar

Pengertian Lailatul qodar adalah malam kemuliaan yang hanya terdapat pada bulan ramadhan.

Keutamaan Lailatul qodar , Allaah telah menerangkan dalam QS. Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya :

"Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Qadr. Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar."

Waktu / malam Lailatul Qadr berada diantara sepuluh malam terakhir pada bulan ramadhan, dan lebih khusua lagi pada malam-malam yang ganjil.

Rasulullaah bersabda, yang artinya :

" Carilah Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan." ( HR. Bukhari dan Muslim)

Oleh sebab itu pada malam-malam itu kita di anjurkan untuk memperbanyak amal soleh.

Tanda-tanda Lailatul Qadr :

1. Pada malam lailatul qadr terasa sejuk, tidak panas, dan tidak dingin.

Riwayat dari Jabir bin Abdullaah RA Rasulullaah SAW bersabda, yang artinya :

" Sesungguhnya telah diperlihatkan malam lailatul qadr padaku, kemudiam aku lupa. Malam itu jatuh pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan. Ia adalah malam yang sejuk dan bercahaya, tidak panas dana tidak dingin. (HR. Khuzaimah dalam shahihnya)

2. Matahari terbit pagi harinya bersinar terang tetapu sinarnya tidak menyengat.

Mencari malam Lailatul Qadr, Rasulullaah senantiasa mencari malam lailatul qadr dan memerintahkan para sahabat untuk mencarinya. Beliau membangunkan keluarganya pada malam 10 terakhir dengan harapan mendapat/bertemu  dengan keutamaan malam lailatul qadr tersebut.

Rasulullaah SAW bersabda, yang artinya :

" Barang siapa yang bangun shalat dimalam lailatul qadr  karena iman dan mengharap pahala maka diampuninya dosa-dosanya yang telah lalu"(HR. Bukhari dan Muslim)

Suatu ketika Aisyah bertanya kepasa Rasulullaah SAW, wahai Rasulullaah, apa yang aku baca bila bertepatan dengan malam lailatul qadr ? Rasulullaah SAW kemudian bersabda, Bacalah, yang artinya :

" Ya Allaah, sesungguhnya Engkau Maha pemberi ampunan dan menyukai orang yang memohon ampun, maka ampunilah aku."(HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Semoga bermanfaat

Baca juga artikel terbaru kami , klik disini

No comments:

Post a Comment

Selalu Berkomentar yang Baik sebab Semua akan dimintai Pertanggung Jawaban di Akhirat Kelak.