*FENOMENA GADGET DALAM PENDIDIKAN ANAK*
```(Bagian 1/5)```
🔗 https://bit.ly/alwasathiyah
••• ════ ༻📱༺ ════ •••
NIKMAT TERBESAR :
• HIDAYAH ISLAM : Terangkat dari kegelapan menuju cahaya
• AKAL : Terangkat derajat lebih dari hewan
• KESEHATAN : Menopang hamba untuk optimal di dalam beribadah kepada Allah
• ANAK : Investasi besar yang jariyah meski orang tua sudah meninggal dunia
*KEWAJIBAN TERHADAP NIKMAT*
Nikmat :
• Syukur ➡ Taat ➡ Bahagia ➡ Dunia dan
Akherat
• Kufur ➡ Maksiat ➡ Sengsara ➡ Dunia dan Akherat
*HAKEKAT GADGET / GAWAI*
GADGET terbagi 3
1⃣ HUKUM ada 2 :
- Halal : Hukum Asal
- HARAM : Jika digunakan Kemaksiatan
2⃣ STATUS ada 2 :
- Nikmat Jika digunakan untuk Kebaikan
- Niqmah jika digunakan untuk keburukan
3⃣ DAMPAK ada 2 :
- Manfaat jika digunakan untuk yang manfaat
- _Mudharat_ jika digunakan untuk yang bahagia
*MENJAGA NIKMAT*
NIKMAT GADGET ada 4 :
1. Nikmat Hidayah digunakan untuk menambah ilmu bermanfaat
2. Nikmat Akal digunakan untuk fungsi _mubah_ : komunikasi, belajar dll
3. Nikmat sehat digunakan seperlunya tidak berlebihan
4. Nikmat Anak dididik dan dipelihara agar tidak terjatuh pada keburukan
*BAHAYA LATEN GADGET*
*BAHAYA GADGET*
• Buta mata, melalaikan nikmat sehat, akibat radiasi
• Buah hati, melalaikan nikmat hidayah dan akal :
- Akibat _syubhat_, merusak Aqidah
- Akibat Syahwat, merusak akhlaq
*BAHAYA GADGET BAGI KESEHATAN*
1. Merusak mata
2. Menganggu struktur tulang
3. Pengenduran Rahang
4. Gangguan tidur
5. Kanker
6. Stress
7. Obesitas
*BAHAYA GADGET BAGI AGAMA*
*Syahwat ada pornografi, zina / pacaran, musik dan _degradasu_ moral*
*_Subhat_ ada syirik, bid'ah, kekafiran: libarelisme dan plurarisme dll*
🔟 ```BAHAYA GADGET BAGI ANAK```
*1. MENGGANGGU PERTUMBUHAN OTAK ANAK*
Pada usia 0-2 tahun, otak anak bertumbuh dengan cepat hingga dia berusia 21 tahun.
Perkembangan otak anak sejak dini dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan.
Stimulasi berlebih dari gadget (hp, internet, tv, ipad, dll) pada otak anak yang sedang berkembang, dapat menyebabkan :
▪ Keterlambatan _koginitif_
▪ Gangguan dalam proses belajar
▪ Tantrum
▪ Meningkatkan sifat _impulsive_
▪ Menurunnya kemampuan anak untuk mandiri.
*2. TUMBUH KEMBANG LAMBAT*
Bahaya penggunaan gadget pada anak, juga membatasi gerak fisiknya.
Yang membuat tumbuh kembang fisik anak menjadi terlambat.
Paparan teknologi sejak dini juga memengaruhi kemampuan literasi dan prestasi akademik anak secara negatif.
*3. OBESITAS*
Penggunaan televisi dan video game berkaitan dengan meningkatkatnya kasus obesitas pada anak. Alat elektronik yang dipasang di kamar anak dan bisa diakses secara pribadi dapat meningkatkan risiko obesitas sebanyak 30%.
30% anak yang menderita obesitas,
akan mengalami diabetes, hingga memiliki risiko tinggi stroke dini atau serangan jantung, serta usia harapan hidup yang rendah.
- Bersambung _in syâ Allâh_... -
••• ════ ༻📱༺ ════ •••
Ditulis dan disusun oleh :
✒ *@abinyasalma*
ℳـ₰✍
✿❁࿐❁✿
@alwasathiyah
__________________
👥 *WAG Al-Wasathiyah Wal-I'tidāl*
✉ TG : https://bit.ly/alwasathiyah
💾 Sumber : Pdf Fenomena Gadget Dalam Pendidikan Anak @abinyasalmamuhammad
🔗 Silahkan disebarluaskan untuk menambah manfaat, dengan tetap menyertakan sumber.
Comments
Post a Comment
Selalu Berkomentar yang Baik sebab Semua akan dimintai Pertanggung Jawaban di Akhirat Kelak.