Skip to main content

Al-IHSAN – Tingkatan Tertinggi Agama

*Al-IHSAN – Tingkatan Tertinggi Agama*

🍃 Al-Ihsan adalah lawan dari al-Isa’ah. Al-Ihsan yaitu seorang mencurahkan kebaikan dan menahan diri dari mengganggu dan menyakiti.

Al-Ihsan tebagi menjadi dua; al-ihsan terhadap sesama dan al-ihsan kepada Allah.

1️⃣ *Al-Ihsan kepada sesama makhluk* terbagi menjadi dua :

*Pertama, ihsan wajib*, yaitu mewujudkan hak-hak mereka yang wajib dalam bentuk yang paling baik dan sempurna, seperti berbakti kepada orang tua, menyambung silaturrahim, adil dan jujur ketika bermu’amalah. Masuk juga dalam bagian yang ini yaitu berbuat baik kepada binatang dan tumbuhan. Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

إِنَّ اللهَ كَتَبَ الإِحْسَانَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ. فَإِذَا قَتَلْتُمْ فَأَحْسِنُوا القِتْلَةَ، وَإِذَا ذَبَحْتُمْ فَأَحْسِنُوا الذِّبْحَةَ، وَلْيُحِدَّ أَحَدُكُمْ شَفْرَتَهُ، وَلْيُرِحْ ذَبِيْحَتَهُ

_“Sesungguhnya Allah mewajibkan berlaku baik atas segala sesuatu. Maka jika kalian membunuh, hendaklah membunuh dengan cara yang baik. Jika kalian menyembelih, maka hendaklah menyembelih dengan cara yang baik dan hendaklah salah seorang dari kalian menajamkan pisaunya serta membuat nyaman hewan sembelihannya.”_ (HR. Muslim: 1955)

*Kedua, mustahab* yaitu kadar yang lebih dari sekadar kewajiban*. Seorang bisa berbuat baik kepada sesama hamba Allah baik dengan harta, kedudukan, ilmu dan tenaganya. Dan yang paling mulia dari jenis ihsan adalah berbuat baik kepada orang yang telah berlaku buruk dan jahat kepada kita. Allah berfirman :

وَلَا تَسْتَوِي الْحَسَنَةُ وَلَا السَّيِّئَةُ ۚ ادْفَعْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ فَإِذَا الَّذِي بَيْنَكَ وَبَيْنَهُ عَدَاوَةٌ كَأَنَّهُ وَلِيٌّ حَمِيمٌ، وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا الَّذِينَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّاهَا إِلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيمٍ

_Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah (kejahatan itu) dengan cara yang lebih baik, maka tiba-tiba orang yang antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah-olah telah menjadi teman yang sangat setia. Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar._ (QS. Fushshilat: 34-35)

🔖 Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia menuturkan :

مَا خُيِّرَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ أَمْرَيْنِ قَطُّ إِلَّا أَخَذَ أَيْسَرَهُمَا مَا لَمْ يَكُنْ إِثْمًا فَإِنْ كَانَ إِثْمًا كَانَ أَبْعَدَ النَّاسِ مِنْهُ وَمَا انْتَقَمَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِنَفْسِهِ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا أَنْ تُنْتَهَكَ حُرْمَةُ اللَّهِ فَيَنْتَقِمَ بِهَا لِلَّهِ

_“Tidaklah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi pilihan di antara dua perkara, kecuali beliau memilih yang paling mudah di antara keduanya, selama hal itu bukan merupakan dosa. Jika hal itu merupakan dosa, maka beliau adalah manusia yang paling jauh dari dosa. Dan tidaklah beliau membalas dengan hukuman untuk (membela) dirinya di dalam sesuatu sama sekali. Kecuali jika perkara-perkara yang diharamkan Allah dilanggar, maka beliau akan membalas dengan hukuman terhadap perkara itu karena Allah.”_ (HR. Bukhari: 6126, Muslim: 2327)

🍂 Demikian juga ketika beliau ditolak dan diusir dari Thaif dengan dilempari batu sampai mengalir darah dari tubuhnya yang mulia. Namun beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِقَوْمِي فَإِنَّهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَ

_“Ya Allah, ampunilah kaumku karena sesungguhnya mereka tidak tahu.”_ (baca : HR. Bukhari: 3477, Muslim: 1792)

2️⃣ *Al-Ihsan kepada Allah*

yaitu sebagaimana yang dikatakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam. Al-Ihsan itu adalah :

أَنْ تَعْبُدَ اللَّهَ كَأَنَّكَ تَرَاهُ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تَرَاهُ فَإِنَّهُ يَرَاكَ

_“Engkau beribadah kepada Allah seolah-olah engkau melihatnya, apabila engkau tak mampu maka Ia melihatmu.”_ (HR. Muslim: 8)

Derajat yang pertama dan yang paling tinggi yaitu seolah melihat-Nya. Ini adalah ibadah seorang yang rindu dan penuh dengan cinta. Sedangkan derajat di bawahnya yaitu menyadari bahwa Allah Maha Melihat gerak gerik hambanya. Ini adalah ibadah orang yang takut dan lari.

📊 Al-Ihsan adalah tingkatan tertinggi dari tingkatan agama. Karena orang yang berada pada tingkatan ini memang adalah orang-orang yang ikhlas. Para Ulama mengatakan :

إِذَا تَحَقَّقَ الإِحْسَانَ تَحَقَّقَ الإِيْمَانُ وَالإِسْلَامُ، كُلُّ مُحْسِنٍ مُؤْمِنٌ مُسْلِمٌ، وَلَيْسَ كُلُّ مُسْلِمٍ مُؤْمِنًا مُحْسِنًا

_“Apabila terwujud ihsan maka pasti terwujud iman dan Islam. Setiap muhsin adalah mukmin Muslim. Sedangkan tidak setiap Muslim itu adalah mukmin dan muhsin.”_ (Hushulul Ma’mul: 140)

Demikianlah pembahasan singkat tentang ihsan. Semoga dapat memberikan tambahan faidah dan bermanfaat. 

Wallahul muwaffiq.

📚 Referensi :

1. Syarh Tsalatsatil Ushul, Syaikh Muhammad bin Shalih al-‘Utsaimin, Dar ats-Tsurayya, KSA

2. Hushulul Ma’mul bi Syarh Tsalatsatil Ushul, Syaikh Abdullah bin Shalih al-Fauzan, Maktabah Ar-Rusyd, KSA

*🔰Semoga bermanfaat.*

Ditulis oleh : _Zahir al-Minangkabawi_





Comments

Popular posts from this blog

Islam Bukan Agama Prasmanan

Bismillah Islam Bukan Agama Prasmanan Oleh : Ustadz Abdullah Zaen, Lc, MA Prasmanan, adalah sebuah istilah yang tidak asing di telinga kebanyakan kita. Yakni cara menjamu makan dengan mempersilakan tamu mengambil dan memilih sendiri hidangan yang sudah ditata secara menarik di beberapa meja.  Mana yang ia suka, ia ambil. Sebaliknya yang tidak ia suka; ia tinggalkan. Model penyajian makanan seperti ini banyak ditemukan dalam resepsi pernikahan dan yang semisal. Prasmanan dalam pandangan Islam boleh-boleh saja. Tentu selama yang disajikan adalah makanan dan minuman yang halal, serta tidak berlebih-lebihan. Lantas mengapa artikel ini berjudulkan, “Islam bukan agama prasmanan ?" Jawabannya karena sebagian kaum muslimin menyikapi ajaran Islam seperti prasmanan. Alias, mana ajaran yang ia suka; ia pakai. Adapun ajaran yang tidak ia sukai; maka ia tinggalkan. Pola prasmanan dalam beragama seperti ini tidak bisa diterima dalam Islam. Allah Ta’ala menegaskan : أَفَتُؤْمِنُونَ بِبَعْضِ الْك...

TINGGINYA RASA TAKUT KEPADA ALLAH TA’ALA

Bismillah Gambaran betapa tingginya rasa takut kepada Allah ta’ala.. padahal keadaan agamanya sangat istimewa. Diceritakan oleh Imam Bukhari rahimahullah : “Suatu ketika Hammad bin Salamah menjenguk Sufyan Ats-Tsauri (seorang ulama besar ahli hadits dari generasi tabi’ut tabi’in, wafat 97 H) saat beliau sakit.. Maka Sufyan Ats-Tsauri mengatakan : “Wahai Abu Salamah (kun-yah Hammad), apakah Allah MAU MENGAMPUNI orang sepertiku..?” Maka Hammad mengatakan : “Demi Allah, jika aku diminta memilih antara dihisab oleh Allah dengan dihisab oleh kedua orangtuaku, tentu aku memilih dihisab oleh Allah daripada dihisab oleh kedua orang tuaku, karena Allah ta’ala lebih sayang kepadaku daripada kedua orang tuaku..!” [Hilyatul Auliya’ 6/251] Pelajaran berharga dari kisah ini : 1. Sebaik apapun agama kita, kita harus tetap takut kepada Allah. 2. Takut kepada Allah adalah tanda baiknya seseorang. 3. Pentingnya teman yang shalih dan manfaatnya yang sangat besar bagi kita. 4. Pentingnya menyeimbangkan an...

Lailatul Qodar

Pengertian Lailatul qodar adalah malam kemuliaan yang hanya terdapat pada bulan ramadhan. Keutamaan Lailatul qodar , Allaah telah menerangkan dalam QS. Al-Qadr ayat 1-5 yang artinya : "Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam Qadr. Dan tahukah kamu apa malam kemuliaan itu?. Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar." Waktu / malam Lailatul Qadr berada diantara sepuluh malam terakhir pada bulan ramadhan, dan lebih khusua lagi pada malam-malam yang ganjil. Rasulullaah bersabda, yang artinya : " Carilah Lailatul Qadr pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan." ( HR. Bukhari dan Muslim) Oleh sebab itu pada malam-malam itu kita di anjurkan untuk memperbanyak amal soleh. Tanda-tanda Lailatul Qadr : 1. Pada malam lailatul qadr terasa sejuk, tidak panas, dan tidak dingin. Riwayat dari Jabir bi...